Subscribe:

27 September 2011

Traveling Info :D

1.  Karimun Java – Berenang bersama hiu
Pulau ini akan menjadi destinasi favorite bagi kamu yang suka dengan adventurous trip. Selain pemandangan pantai yang sangat indah, kamu juga bisa berenang bersama ikan hiu. Wow, sounds like an adrenaline rush, doesn't it ?
Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk menuju karimun jawa. Pertama, berangkat ke Jepara , menuju ke PelabuhanKartini. Dari sini kamu akan naik kapal feri selama 6 jam dengan bonuspengalaman melihat kehidupan orang pulau. Sedangkan cara kedua adalah melalui pelabuhan tanjung mas di semarang. Nah, dari pelabuhan ini kamu hanya membutuhkan waktu tempuh selama 3 sampai 3,5 jam.


What you should do ?

Aktivitas pertama yang jangan dilewatkan adalah snorkeling dan diving. Selain memiliki karang music yang termasuk dalam jenis karang hampir punah, karimun jawa juga memiliki sekitar 200 jenis ikan hias yang menjadikannya sebagai kepulauan dengan jenis ikan hias terbanyak di dunia. Kamu juga bisa memancing, berenang bersama hiu hingga melihat langsung penyu bertelur.

Place to visit !

* Diving site : Mylim Reef dipulau menjangan kecil, indonor di batu lawang, ezdic reed di pulau cemara,antonys point di pulau tengah.
* fishing : pergilah ke menjangankecil dengan kapal nelayan sewaan (250-300rb/hari).
* penakaran hiu dan penyusisik berada di pulau menjangan besar.
* pergilah ke menjangan keciluntuk kemping sambil menyaksikan pemandangan sunset yang indah.
* wisata alam hutan bakau di kemujan.
* Bila kamu datang saat musim penyu bertelur, maka goa sarang pulau parang menjadi pilihan utama.

Tips : untuk menghemat biaya pilihlahkereta api atau bus ke Jepara atau Semarang. Biasanya tarif homestay jauh lebihmurah dibandingkan hotel, yaitu sekitar 60-70rb per orang  sudah termasuk makan. Bila ingin memancing atau menyelam, ajaklah pemandu dari penduduk lokal.

2.  Padang – Sate Padang,Jam Gadang & terkenang-kenang

Kunjungilah kota bukit tinggi yang merupakan kota kelahiran Bung Hatta. Perjalanan menuju bukit tinggi, kamu akan melewati lembah Anai yang menyajikan pemandangan air terjun setinggi 50 meter. Sedangkan di bukit tinggi objek wisata paling terkenal adalah Big Ben alias jam gadang yang merupakan simbol kota. Selain ukurannya yang besar, jam ini menggunakan symbol IIII untuk menunjukan angka 4(umumnya romawi IV) .

Satu lagi pemandangan alam yang fenomenal di bukit tinggi adalah Ngarai Sianok. Lembahnya terlihat hijau dan dialiri oleh sungai sianok yang sangat jernih. Kunjungi pula danau singkarak, danau terluas kedua di pulau Sumatera. Cobalah untuk menikmatiikan bilih khas singkarak yang rasanya gurih dan renyah.

Ke padang tak lengkap tanpa mencicipi kuliner local. Berbagai pilihan hidangan bisa kamu nikmati, mulai dari nasi kapau, sate padang, dan rendang. Semuanya terasalezat, tapi ingat ya habis liburan langsung olahraga, karena hampir sebagian besar makanan padang mengandung lemak tinggi.

Tips :
* Masyarakat minang mayoritas beragama islam, jadi pilihlah baju kasual yang santai tetapisopan.
* bila ingin membeli barang atau cenderamata, tetaplah menawar terlebihdahulu. Pasar bukit tinggi terkenal sebagai pusat kerajinan sumatera baratseperti kain songket dan border kerancang.
* salah satu hostel untukbackpackers yang cukup terkenal adalah maranatha homestay. Cek http://www.maranathahomestay.blogspot.com




0 komentar:

Posting Komentar